SEX LIFE

Ini Dia 4 Penyakit Yang Bisa Menular Lewat Ciuman

LokasiDewasa - Sebagian orang menganggap berciuman bibir adalah hal yang biasa. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa penyakit (bahkan penyakit yang berbahaya) bisa menyebar lewat berciuman bibir? sepertinya tidak perlu menjelaskan deskripsi dari ciuman bibir, karena kamu semua pasti sudah tahu “deskripsi” dari aktivitas ini.

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menular lewat ciuman:

Pilek

Pilek dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) termasuk batuk, dapat dengan mudah menyebar lewat udara atau kontak langsung dengan si penderita. Virus pilek banyak terdapat pada sekresi hidung dan tenggorokan, berupa cairan (ingus) atau dahak.

Glandular fever

Demam kelenjar (glandular fever) juga di kenal dengan sebutan kissing disease, adalah demam yang di sebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV) yang menyebar melalui air liur. Infeksi virus ini dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening yang di sertai dengan rasa sakit. Dalam kondisi yang parah, infeksi virus EBV juga dapat menyebabkan pembengkakan pada amandel yang bisa membuat penderita kesulitan untuk bernapas atau menelan makanan. Selain melalui ciuman, glandular fever juga dapat menyebar lewat udara ketika orang yang terinfeksi bersin atau batuk.

Infeksi herpes

Ada beberapa virus yang tergabung sebagai penyebab utama herpes, yaitu Epstein-Barr virus (penyebab kissing disease), varicella zoster (penyebab cacar air dan cacar api), dan virus herpes simplex (HSV). Herpes simplex merupakan infeksi yang menjangkiti beberapa bagian tubuh, terutama mulut, kulit, dan alat kelamin. Saat seseorang terinfeksi herpes simplex, bagian-bagian tubuh tadi akan melepuh dan menimbulkan rasa sakit. Virus herpes simplex dapat dengan mudah menyebar lewat ciuman karena virus ini dapat hidup di air liur.

Hepatitis B

Virus Hepatitis B dapat menyebar 50 kali lebih cepat, 100 kali lebih ganas, dan 10 kali lebih menular jika di bandingkan dengan virus HIV (virus penyebab AIDS). Secara umum, virus ini terdapat di dalam darah dan air liur penderitanya. Oleh karena itu, infeksi virus Hepatitis B dapat terjadi lewat ciuman dan kontak dengan darah (misalnya lewat jarum suntik). Hepatitis B adalah penyakit yang menyerang hati yang di akibatkan oleh infeksi virus Hepatitis B. Virus ini bisa menyebabkan peradangan pada hati akut yang menahun. Selain itu, virus ini juga mampu mengakibatkan sirosis (kerusakan hati) dan kanker hati. Sirosis dan kanker hati bisa berakibat fatal (kematian).

Baca Juga :  4 Cara Mengatasi Kelainan Hiperseksual
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close